Skip to main content
Award Pedia

follow us

Apa itu Sarbanes-Oxley Act?

Oxley (R-Oh.), Undang-Undang ini disetujui oleh DPR dengan suara 423-3 dan oleh Senat 99-0.

Sarbanes-Oxley Act of 2002 adalah undang-undang federal Amerika Serikat yang disahkan sebagai tanggapan atas skandal besar korporasi dan akuntansi baru-baru ini termasuk yang ada di Enron, Tyco International, dan WorldCom (sekarang MCI). Skandal ini mengakibatkan menurunnya kepercayaan publik terhadap praktik akuntansi dan pelaporan. Dinamai setelah sponsor Senator Paul Sarbanes (D-Md.) Dan Perwakilan Michael G.

Oxley (R-Oh.), Undang-Undang ini disetujui oleh DPR dengan suara 423-3 dan oleh Senat 99-0. Undang-undang ini luas dan menetapkan standar baru atau yang disempurnakan untuk semua Dewan perusahaan publik, Manajemen, dan kantor akuntan publik AS. Bagian pertama dan paling penting dari Undang-Undang ini membentuk lembaga kuasi-publik yang baru, Dewan Pengawas Akuntansi Perusahaan Publik, yang bertugas mengawasi dan mendisiplinkan perusahaan-perusahaan akuntansi dalam peran mereka sebagai auditor perusahaan publik.

Beberapa ketentuan utama dari Sarbanes-Oxley Act meliputi:

  • Sertifikasi laporan keuangan oleh chief executive officer dan chief financial officer
  • Independensi Auditor, termasuk larangan langsung pada jenis pekerjaan tertentu untuk klien audit dan pra-sertifikasi oleh Komite Audit perusahaan untuk semua pekerjaan non-audit lainnya
  • Sebuah persyaratan bahwa perusahaan yang terdaftar di bursa saham memiliki komite audit yang sepenuhnya independen yang mengawasi hubungan antara perusahaan dan auditornya
  • Benar-benar lebih lama hukuman penjara dan denda yang lebih besar untuk eksekutif perusahaan yang dengan sengaja dan salah menyatakan laporan keuangan, meskipun hukuman maksimum sebagian besar tidak relevan karena hakim umumnya mengikuti Pedoman Hukuman Federal dalam menetapkan hukuman yang sebenarnya.
  • Perlindungan karyawan yang memungkinkan pelapor penipuan perusahaan yang mengajukan keluhan dengan OSHA dalam waktu 90 hari, untuk memenangkan pemulihan, pembayaran kembali dan tunjangan, ganti rugi ganti rugi, perintah pengurangan, dan biaya dan biaya pengacara yang wajar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar